3 Perihal yang Harus Dipunyai buat Memelihara Ikan Koi

Apakah kamu mau memelihara ikan koi di rumah? Bila ya, hingga terdapat 3 perihal berikut ini yang harus ada bagaikan fasilitas buat memelihara koi.

Tetapi lebih dahulu pasti terdapat yang bertanya,” Mengapa kok sulit amat? Wajib terdapat ini serta itu? Apakah dapat memelhara koi tanpa ketentuan harus tersebut?

Tulisan ini cumalah semata- mata anjuran bersumber pada pengalaman aku dalam memelihara koi. Bagi aku, boleh- boleh saja kamu memelihara dengan metode kamu sendiri, tetapi demikian yang sangat utama merupakan gimana supaya keadaan koi yang kamu pelihara, senantiasa dalam keadaan sehat, tercantum gimana hendaknya menjaga koi yang lagi sakit.

1. WADAH PEMELIHARAAN

Memelihara ikan koi pasti dibutuhkan wadah ataupun tempat yang mana biasa diucap kolam ikan ataupun kolam koi. Tipe kolam koi pula beragam. Dapat berbentuk bangunan dari semen( beton) dapat pula dari plastik ataupun terpal dlsb. Yang berarti tidak bocor serta yang tentu tujuannya buat menampung air bagaikan media supaya koi senantiasa hidup.

Tidak cuma di dalam kolam. Koi pula dapat saja dipelihara di dalam aquarium, asalkan lumayan luas cocok jumlah serta dimensi koi yang dipelihara. Memelihara Koi di dalam Aquarium memanglah membutuhkan perawatan ektra, karena dengan keadaan wadah yang terbatas, hingga mutu air sangat gampang menyusut kualitasnya. Buat seperti itu dibutuhkan perawatan yang intensif

Perihal yang sangat berarti buat dipertimbangkan bila kamu membangun kolam merupakan luasnya. Kenapa demikian? Karena koi tidak dapat dipelihara di dalam kolam yang sangat kecil. Idealnya merupakan berdimensi 3 x 2 m.

Apakah boleh ukurannya lebih kecil menjaga ikan koi yang benar ?

Boleh saja, tetapi pasti kamu tidak dapat memelihara koi berdimensi besar serta bila koi kamu meningkat besar, hingga kolam yang kecil hendak menghalangi ruang gerak koi.

Baca Juga : Kaca atau Akrilik untuk Bingkai Gambar, Mana Yang Lebih Baik?

2. SISTEM FILTER

Bila kamu mempunyai kolam koi dengan memakai sumber air tanah ataupun air PAM, hingga kamu wajib membuat sarana penyaring air ataupun filter yang berperan secara non stop 24 jam. Sistem filter kolam pada prinsipnya merupakan membuat perputaran air dari kolam ke dalam ruang filter yang mana kala air melewati ruang filter hingga air hendak tersaring oleh media filter yang terdapat.

Kenapa air kolam wajib disaring?

Karena air kolam wajib senantiasa dilindungi kualitasnya supaya senantiasa aman untuk koi. Apa saja yang membuat air kolam menyusut kualitasnya? Terdapat banyak aspek pemicu turunnya mutu air kolam antara lain yang sangat utama merupakan sebab terdapatnya kotoran koi serta sisa- sisa santapan yang larut di dalam air kolam.

Buat dikenal, kotoran koi memiliki toksin( ammonia) yang mana bila larut di dalam air melebihi ambang batasan, hingga hendak meracuni koi serta apalagi dapat menewaskan koi kamu. Oleh karena seperti itu hingga sistem filter yang baik sangat dibutuhkan supaya mutu air kolam kamu senantiasa dalam keadaan prima.

Ingat prinsip,” memelihara koi sejatinya merupakan memelihara mutu air kolam”. 3. Sarana KARANTINA

Sarana karantina merupakan suatu wadah yang terpisah dari kolam utama, yang mana khasiatnya merupakan buat menjaga ikan sakit serta pula buat menampung sedangkan koi- koi baru saat sebelum di masukkan ke kolam utama?

Kenapa koi baru harus dirawat di dalam bak karantina terlebih dahulu ikan koi murah harga peternak ?

Karena koi yang baru kamu beli, pasti kala membawanya kembali, koi ditempatkan di dalam kantong beroksigen yang kecil. Keadaan ini membuat koi hadapi tekanan pikiran. Koi baru yang lagi tekanan pikiran sangat gampang terkena penyakit ataupun dapat pula menularkan penyakit kepada koi- koi yang lain.

Sebab seperti itu hingga koi baru butuh dikondisikan di dalam bak karantina supaya kembali dalam keadaan wajar( tidak tekanan pikiran) serta sekalian membenarkan kalau koi tidak lagi terkena penyakit. Oleh karena itu, jangan sempat terburu- buru memasukkan koi baru ke dalam kolam utama, bila kamu tidak mau terjalin hal- hal yang menimbulkan koi- koi lama kamu tersendat kesehatannya. Tidak tidak sering, seekor koi saja yang baru kamu beli, bila tidak dicoba karantina terlebih dulu, bisa menularkan penyakit kepada koi- koi yang telah terdapat. Apalagi dalam keadaan ekstrim, seekor koi saja bisa membuat segala koi kamu tertular penyakit serta apalagi dapat menyebabkan kematian masal.